Amlapura (16/11/2022) – Dalam rangka Dies Natalis ke-36, yang mengusung tema β€œ36 Tahun STKIP Berkarya, STKIP H3bAT, STKIP Agama Hindu Amlapura melaksanan kegiatan donor darah yang berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Karangasem. Aksi kemanusiaan donor darah ini diselenggarakan di aula terbuka kampus STKIP Agama Hindu Amlapura pada Rabu (16/11/2022) pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita sebagai penguatan visi STKIP, yakni unggul berlandaskan falsafah asah, asih, asuh. Protokol kesehatan tetap dipatuhi dalam pelaksanaan kegiatan ini demi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran kegiatan.
Kegiatan donor darah ini diikuti oleh mahasiswa dari keempat Prodi, yang ada di STKIP Agama Hindu Amlapura, yakni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Pendidikan Agama Hindu, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan Bahasa Bali pada setiap jenjang semester. Bukan hanya mahasiswa, melainkan juga staf dan dosen turut mendonasikan darah mereka dalam aksi kemanusiaan ini. Selain petugas dari pihak PMI Karangasem, kegiatan ini juga dibantu oleh HMP dan BEM STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai panitia penyelenggara kegiatan.
Pelaksanan kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat terutama aksi kemanusiaan sesuai dengan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditetapkan oleh Kemdikbud Ristek. Aksi kemanusiaan melalui donor darah ini disambut antusias oleh mahasiswa, staf, dan juga dosen yang diikuti sekitar 70 pendonor. Ni Ketut Erna Muliastrini, S.Pd., M.Pd., salah satu pendonor yang juga sebagai Kaprodi PGSD mengemukakan ini bukan kali pertama beliau mendonasikan darahnya. β€œKegiatan donor darah sudah rutin saya lakukan, dan saya merasa lebih bugar secara jasmani dan rohani setelah mendonasikan darah saya. Setetes darah sangat berguna untuk sesame yang membutuhkan,” tegasnya.
Darah merupakan komponen penting dalam tubuh manusia dan satu orang pendonor dapat menyelamatkan hidup orang lain dan salah satu kebahagiaan dalam hidup adalah ketika kita bisa menolong dan membantu pada sesama. 36 tahun STKIP berkarya, STKIP H3bAT. (AR-red)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1