Amlapura (19/02/2022)- Setelah sepekan yang lalu STKIP Amlapura menerima kehadiran asesor BAN-PT secara daring dalam Asesmen Lapangan (AL) Prodi PGSD, kini (18-19 Februari 2022) STKIP Agama Hindu Amlapura menerima asesor BAN-PT secara daring dalam rangka AL Akreditasi Perguruan Tinggi. Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT pada kesempatan ini adalah Prof. Dr.Ing. Ir. I Made Londen Batan, M.Eng. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret.
Turut hadir pula pada kesempatan ini adalah Asisten I Bupati Karangasem dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem sebagai unsur pemerintah, mitra kerja sama, dan sekaligus pengguna lulusan. Selain itu, AL APT ini juga dihadiri oleh perwakilan orang tua mahasiswa, alumni, dan mahasiswa.
AL yang digelar ini merupakan serangkaian dari proses akreditasi yang telah diusulkan oleh STKIP Agama Hindu Amlapura pada Oktober 2021 lalu via SAPTO dan telah dinyatakan lolos asesmen kecukupan. Proses akreditasi ini merupakan bentuk SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal) yang bertujuan untuk meneropong SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang telah berlangsung di STKIP Agama Hindu Amlapura. Secara umum, ada 9 aspek atau standar yang dicermati, yakni terkait (1) visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian; (2) tatapamong, tatakelola, dan kerjasama; (3) mahasiswa; (4) sumber daya manusia; (5) keuangan dan sarana prasarana; (6) pendidikan; (7) penelitian; pengabdian kepada masyarakat, dan (9) luaran Tri Dharma PT.

Berkat dukungan segenap pihak, proses AL selama 2 (dua) hari tersebut telah berjalan lancar. Drs. I Wayan Dwija, M.Pd., pimpinan STKIP Agama Hindu Amlapura yang ditemui usai menutup kegiatan AL tersebut mengaku salut terhadap kinerja tim kerja yang telah mempersiapkan dan mengawal proses ini dari awal hingga AL selesai. “Saya salut terhadap kinerja tim work, baik itu dosen, staf, mahasiswa, dan alumni yang telah mendukung kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Karangasem yang telah memberikan dukungan luar biasa terhadap eksistensi STKIP Agama Hindu Amlapura,” ujarnya. “Mudah-mudahan animo masyarakat Karangasem untuk kuliah di STKIP Agama Hindu Amlapura semakin meningkat diimbangi dengan komitmen kami untuk senantiasa meningkatkan budaya mutu di kampus ini,” imbuhnya.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1