Apa Itu Covid-19
oleh: Ni Luh Wahyu Santi

Covid 19 adalah virus yang berasal dari kota Wuhan China. Virus ini adalah virus alami dari bermutasinya virus yang ada pada hewan kelelawar yang meyerang organ tubuh manusia. Virus ini ini muncul karena pola makan masayarakat china yang tidak sehat karena mengonsumsi hewan-hewan yang memang haram unuk dimakan karena gaya hidup yang bebas atau liberalis di Wuhan China. Terdapat banyak pasar yamng menjual daging kelelawar, ular, buaya, dan lain-lain untuk mereka konsumsi dan pantas saja hal ini menjadi sebuah penyakit. Kemudian, penyakit ini menyebar ke belahan dunia dan sudah menewaskan jutaan orang.

Covid-19 begitu cepat menular dari satu manusia ke manusia lainnya. Jumlah korban dan angka kasus kian meningkat. Hingga tulisan ini dibuat, jumlah kasus mencapai lebih dari 502 ribu kasus di Indonesia Sedangkan di dunia mencapai lebih dari 58,7 juta kasus. Covid-19 ditularkan dari seseorang yang terkena virus SARS-CoV-2 ke orang lainnya. Penyakit ini dapat menyebar melalui droplet atau tetesan air dari hidung, mulut, atau bagian lain dari tubuh manusia. Penularannya dapat terjadi pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Seseorang juga dapat terinfeksi Covid-19 bila tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Ini alasan mengapa penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang lain.

Droplet juga dapat melekat atau jatuh pada benda di sekitarnya, kemudian menularkan penyakit pada orang lain yang menyentuh benda yang sudah terkontaminasi droplet penderita. Bila tangan kita yang terkontaminasi menyentuh mata, hidung, atau mulut, maka kita dapat terinfeksi Covid-19. Ini adalah alasan pentingnya mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer. Virus ini kecil tetapi tak terlihat dan siapa saja bisa tertular oleh virus yang tak kasat mata ini. Jika individu individu tidak menjaga Kesehatan dengan baik. Virus ini mengakubatkan manusia harus menjalani yang namanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

(Ni Luh Wahyu Santi merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1