Di Masa Pandemi Covid-19
oleh: Ni Putu Pramoedya Narayani

Virus Covid-19 sangatlah berbahaya. Virus ini menyerang area pernafasan. Penularannya dapat terjadi pada saat batuk, bersin atau berbicara. Seseorang juga dapat terinfeksi covid-19 bila tanpa sengaja menghirup tetesan kecil dari sang penderita covid 19 itu sendiri. Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk menjaga jarak dengan yang lain. Virus ini juga bisa menyebabkan kematian bisa menyerang siapa saja misalnya lansia, orang dewasa, anak-anak dan bayi. Virus ini menyebar sangat cepat dapat menyebar melalui tetesan kecil dari saluran pernafasan. Orang yang terinfeksi virus ini biasanya memiliki gejala seperti flu biasa, hidung berair, batuk, demam, sesak nafas, sakit dada dan sakit tenggorokan.

Lansia sangat rentan mengalami sakit lebih parah bila terkena Covid-19, karena sistem kekebalan tubuhnya menurun seiring dengan usianya yang bertambah, terutama yang sudah memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan lainnya. Mereka sangatlah beresiko terkena covid 19 ini. Sistem imun yang lemah, belum lagi ditambah penyakit yang diderita sebelumnya, dapat meningkatkan risiko kematian akibat Covid-19 pada lansia semakin tinggi.
Selama virus ini masih ada lebih baik menghindarinya dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari juga menyentuh mata, hidung dan mulut seusai bepergian keluar rumah. Cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer mengurangi penyebaran Covid-19 karena mencegah rantai penularan melalui tetesan kecil yang menempel di tangan. Tetesan itu merupakan cairan dari tubuh manusia, seperti dari hidung dan mulut. Tetesan tersebut dapat menempel pada berbagai macam benda sehingga orang lain yang sebelumnya tidak terinfeksi, jadi tertular akibat tetesan kecil penderita. Itu sebabnya, mencuci tangan adalah hal yang penting dilakukan. Menggunakan masker yang bisa menangkal virus saat keluar rumah, pastikan agar masker yang kita gunakan bisa melindungi kita sesuai yang dianjurkan oleh para ahli medis. Hindari kontak dengan orang yang terkena virus itu sendiri, agar tetap menjaga jarak saat bepergian.

Selama pandemi covid 19 saya harus di rumah saja, kegiatan saya selama dirumah saja yaitu berkebun, menyirami tanaman, olahraga, terkadang membantu bibi saya membuat canang untuk dijual. Selain itu saya juga belajar dirumah saja menggunakan aplikasi, seperti google classroom, zoom, whatsapp group. Dalam belajar secara daring ini banyak kendala misalnya susah sinyal, saya mengharapkan agar pandemi ini cepat berakhir maka dari itu kita harus menghindari virus ini dengan tetap menjaga jarak aman, menggunakan masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

(Ni Putu Pramoedya Narayani merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Bali angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1