MAHASISWA STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA MENGADAKAN KEGIATAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN DARI SAMPAH

Pada Hari Minggu, 20 Februari 2022 dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada Senin, 21 Februari 2022. Segenap Mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura mengadakan kegiatan pembersihan lingkungan dari sampah.

HMP Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlpura mengadakan kegiatan persembahyangan dan mereresik, kegiatan sembahyang dan mereresik ini diadakan di Pura Jagatnatha Dan di hadiri oleh Bapak Kaprodi Pendidikan Agama Hindu, I Ketut Dani Budiantara S.Pd., M.Pd., pengempon Pura Jagatnatha dan anggota HMP PAH sebanyak 8 orang serta calon anggota HMP PAH sebanyak 23 orang.

Kegiatan dimulai dari jam 7.30 wita sampai jam 9.30 wita. Di Pura tersebut tidak terlalu banyak sampah, namun rumput-rumput di sana cukup tinggi. Kegiatan ini disambut baik oleh pengempon Pura Jagatnatha, karena dengan diadakannya mereresik ini dapat membuat area menjadi lebih bersih dan tertata.

 

HMP Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Agama Hindu Amlapura mengadakan kegiatan

BERAKSI” (BERsih-bersih, menjaga Alam Kita Sejuk dan Indah) di Pantai Jasri. Kegiatan “BERAKSI” ini telah diberikan izin oleh Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura, Bapak Drs. I Wayan Dwija, M.Pd, serta Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Ibu Ni Ketut Erna Muliastrini, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota HMP PGSD yang berjumlah 60 orang dengan membawa alat kerja masing-masing dari rumah. Kegiatan ini langsung dikoordinir oleh ketua HMP, Ni Ketut Widia Darma Santi.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 WITA yang diawali dengan berkumpul bersama, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pembersihan sampah dari ujung timur sampai ujung barat Pantai Jasri. Kegiatan ini berjalan lancar berkat antusiasme dan kekompakan para peserta. Menjaga alam memang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai penghuninya.

 

HMP (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Pendidikasn Bahasa Inggris melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembersihan di area Pura Manik Kembar Batu Belah yang berlokasi di Br. Dinas Tegallanglang, Ds. Datah, Kec. Abang.

Kegiatan “Ngaturang Ayah” ini didampingi langsung oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kade Restika Dewi, S.Pd., M.Pd. Selain dihadiri oleh HMP Pendidikan Bahasa Inggris kegiatan ini juga turut dihadiri oleh perwakilan BEM STKIP Agama Hindu Amlapura, dan perwakilan dari masing–masing semester dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kade Restika Dewi selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh HMP Pendidikan Bahasa Inggris. Beliau juga mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari Tri Hita Karana yang di dalamnya diajarkan untuk menjaga hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan juga lingkungan dalam kegiatan ini kita mendapatkan ketiganya sekaligus, dan sebagai ajang pengenalan keberadaan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris kepada masyarakat sekitar.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembersihan di area dalam pura, setelah itu dilanjutkan dengan mempersembahkan banten pejati sekaligus melaksanakan sembahyang bersama yang dipimpin langsung oleh Jro Mangku Sukerti selaku Jro Mangku pengempon di Pura Manik Kembar Batu Belah. Setelah persembahyangan dilanjutkan dengan pembersihan di area luar sekitar pura. Kegiatan ini berjalan lancar dan penuh antusias dari partisipan. Salah satu partisipan mengatakan senang dapat ikut serta dalam kegiatan ini karena selain dapat melakukan ibadah juga dapat sekaligus menjaga lingkungan.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1