KLINIK E-JOURNAL: LAMPUHYANG STKIP PERCEPATAN AKREDITASI JURNAL

AMLAPURA (06/12) Dalam rangka peningkatan pengelolaan jurnal Lampuhyang STKIP Agama Hindu Amlapura, diadakan klinik E-Journal oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masayarakat Hindu Kementerian Agama RI, Kamis (05/12) di Aula Kampus STKIP Agama Hindu Amlapura. Kegiatan yang bertajuk Klinik E-Journal Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Tahun 2019 tersebut merupakan program Direktorat pusat untuk melakukan pendampingan terhadap jurnal-jurnal di PTKH. Kali ini (05/12), giliran Lampuhyang yang dibedah untuk “didiagnonis” oleh ahlinya.

Pihak Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama RI yang hadir saat itu adalah Ibu Nyoman Sutiari, Kabag Keuangan dan Ibu Ida Ayu Widanti Kasubag PAP. Dalam kegiatan tersebut, turut dihadirkan pula 2 (dua) orang narasumber  yang ahli dalam bidang publikasi dan jurnal ilmiah, yakni Dr. I Ketut Sudarsana dan Dr. Kadek Aria Prima Dewi. Beliau merupakan dosen Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar.

Kegiatan klinik e-journal ini sesungguhnya kegiatan yang luar biasa digagas oleh pihak direktorat untuk menjaga dan memberikan ruang publikasi ilmiah bagi para dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH ). Oleh karena itu, kualitas jurnal harus tetap terjaga dan ditingkatkan. Demikianlah, penekanan yang disampaikan oleh Kabag Keuangan Ditjen Bimas Hindu yang berkesempatan hadir saat itu untuk mendampingi kegiatan klinik e-jornal.

Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura, Drs. I Wayan Dwija, M.Pd. dalam sambutannya menekankan bahwa Lampuhyang sebagai satu-satunya jurnal milik STKIP Agama Hindu Amlapura harus dikelola dengan sangat baik dan bahkan harus terakreditasi. Selain itu, beliau juga menekankan bahwa nantinya setiap program studi di STKIP Agama Hindu Amlapura juga memiliki jurnal sesuai bidang kajian prodi masing-masing.

“Saya mengharapkan Lampuhyang ini dulu kita kelola dengan baik dan mudah-mudahnya bisa segera terakreditasi. Setelah itu, barulah kita memikirkan progress ke depan lagi untuk membuat jurnal pada masing-masing prodi. Prodi Pendidikan Agama Hindu menerbitkan jurnal khusus bidang Pendidikan Keagamaan Hindu. Prodi Pendidikan Bahasa Bali khusus menerbitkan artikel-artikel bidang kajian bahasa Bali. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris khusus menerbitkan artikel-artikel bidang kajian bahasa Inggris. Demikian pula halnya dengan Program Studi PGSD khusus menerbitkan artikel-artikel bidang pendidikan di sekolah dasar,” tegas Ketua STKIP dalam sambutannya.

Kegiatan klinik e-jornal tersebut berlangsung dengan lancar dan diskusi yang hangat antara dosen, pengelola jurnal, dan narasumber. Pengelola jurnal sendiri mengakui bahwa untuk mengasilkan tata kelola jurnal yang kuat, SDM yang duduk sebagai pengelola juga harus unggul. Ke depan segala proses penerbitan artikel, mulai dari pengiriman/penerimaan naskah, proses editing artikel, review artikel, hingga diterbitkan dilakukan secara online dan terekan pada sistem online. (Red.)