Dalam rangka meningkatkan budaya mutu dan pertanggungjawaban publik bidang penyelenggaraan akademik dan non-akademik di Perguruan Tinggi, Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDik) tugaskan asesor asesmen lapangan (visitasi) pada Program Sarjana (S1) Program Studi Pendidikan Agama Hindu, STKIP Agama Hindu Amlapura. Visitasi dilakukan selama 2 hari dari tanggal 30–31 Mei 2023. Tim Asesor yang bertugas yaitu Dr. Ni Putu Listiawati, S. E.Ak., M.M., dari STAH Gde Pudja Mataram dan Prof. Dr. I Putu Gelgel, SH., M.Hum., dari Universitas Hindu Indonesia.
Asesmen lapangan merupakan tindak lanjut dari asesmen kecukupan yang telah dilakukan Tim Asesor LAMDik. Program Studi Pendidikan Agama Hindu dinyatakan lolos dan berhak mendapatkan visitasi dari LAMDik. visitasi hari pertama (30/05/2023), dilakukan acara pembukaan, sesi dengan UPPS, LPM, konfirmasi data kuantitatif dan LED, wawancara dengan alumni, pengguna lulusan, dosen, dan tenaga kependidikan. Selanjutnya, hari kedua (31/05/2023), dilakukan observasi pembelajaran/microteaching, observasi sarpras, sesi wawancara dengan mahasiswa, cek dokumen, kerja mandiri, dan penutupan.
Dalam sambutannya Drs. I Wayan Dwija, M.Pd., selaku Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Asesor yang bertugas, serta memohon bimbingan untuk perbaikan mutu ke depannya. “Akreditasi Prodi Pendidikan Agama Hindu Amlapura sebelumnya telah terakreditasi B, dan ini merupakan akreditasi Prodi yang ke-3. Dengan adanya reakreditasi kembali, kami berharap kualitas Prodi semakin meningkat dan memperoleh nilai yang terbaik,” ucap I Wayan Dwija.
Dalam rangka menyukseskan kegiatan akreditasi, Ketua LPM STKIP Agama Hindu Amlapura, Dr. I Wayan Jatiyasa, S.Pd.,M.Pd. didaulat sebagai Ketua Tim Akreditasi. Jatiyasa menyatakan bahwa Tim Akrediasi sudah bekerja sangat maksimal dalam menyiapkan akreditasi. Hal ini terlepas dari tahapan-tahapan yang dilalui oleh tim, seperti sosialisasi, penetapan tim akreditasi, pengumpulan dokumen, penyusunan LKPS dan LED, pembuatan akun SIMALAMDik Prodi, registrasi akun, unggah dokumen di SIMALAMDik, revisi, AK, hingga AL. “Ini merupakan metode baru dalam penyelenggaraan akreditasi program studi (APS) karena melalui LAMDik, kalau dulu masih jadi satu dengan APT yakni melalui Sapto BAN-PT. Meskipun demikian, kami tetap berusaha dan belajar agar Prodi-prodi kami mampu terakreditasi. Saya yakin hasil tidak akan mengkhianati usaha. Kami berharap hasil yang terbaik. Inipun tidak terlepas dari berbagai dukungan baik dari sivitas akademika, alumni, pengguna lulusan, pemerintah, mitra, maupun pihak swasta,” ungkap Jatiyasa.
Mengakhiri visitasi, dilakukan penyampaian berita acara dan rekomendasi oleh asesor, penyerahan berita acara kepada Ketua Program Studi Pendidikan Agama Hindu, I Ketut Dani Budiantara, S.Pd., M.Si. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama (J).

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1