Menjalani Hari di Masa Pandemi Covid-19
oleh: Ni Kadek Sinta Sumaryati Dewi

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome CoronaVirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Wabah Virus Corona tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Adanya PSBB di Negara Indonesia mau tidak mau memaksa kita untuk berdiam diri di rumah saja. Di rumah saja sampai waktu yang tidak ditentukan tentu membuat kita tidak nyaman. Bagaimana tidak, kondisi ini memaksa kita untuk mengubah rutinitas kita sehari-hari, mulai dari mencuci tangan, tidak berkerumun, selalu menjaga jarak minimal 1 meter dan selalu menggunakan masker ketika berpergian. Namun, tidaklah baik kalau kita lama-lama dirumah tanpa melakukan suatu kegiatan dan bersedih. Oleh karena itu, sebagai anak muda saya berusaha untuk menyesuaikan diri dan menikmati hari-hari yang saya jalani pada masa pandemi Covid-19. Awalnya memang tidak mudah, tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai terbiasa menjalani new normal yang saya alami saat ini.

Mengingat kondisi pandemi saat ini yang semakin memburuk, kegiatan perkuliahan pun dilakukan secara daring sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan oleh pemerintah. Perkuliahan yang dilakukan secara daring memang sulit karena terhalang koneksi jaringan yang buruk apalagi di tempat tinggal saya (perbukitan) yang kadang membuat saya tidak tepat waktu dalam menjalani perkuliahan. perkuliahan daring juga kadang membuat saya kurang mengerti akan materi materi yang diberikan oleh dosen.

Selain menjalani kegiatan perkuliahan, kegiatan lain yang saya lakukan pada masa pandemi Covid-19 setiap harinya adalah saya membuat canang untuk dijual agar dapat membantu keuangan keluarga saya dan saya juga membantu orang tua saya di sawah berhubung saya juga belum mendapatkan pekerjaan, dan saya tahu kalau mencari pekerjaan di masa pandemi memanglah sulit, Jadi, daripada saya berdiam diri saja dirumah lebih baik saya melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang walaupun sedikit.

(Ni Kadek Sinta Sumaryati Dewi merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Bali angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1