Pandemi Melanda Indonesia
oleh: Ni Komang Trisna

Virus corona terjadi pada bulan Maret di Indonesia, virus corona ini sangat meresahkan masayarakat Indonesia, karena virus tersebut dapat menular dengan cepat dan berjarak 2km virus ini sudah bisa menyebar. Virus corona ini adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan pada tubuh manusia. Covid ini ditemukan pertama kali di kota Wuhan, China yaitu pada akhir bulan Desember 2019,virus ini sangat cepat menular melalui percikan saat berdahak dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada dalam ruangan tertutup dengan situasi banyak orang di dalam ruangan yang tertutup dan sirkulasi udara yang kurang baik atau di dalam ruangan tertutup terdapat orang yang terjangkit virus corona sehingga menyebabkan penularan virus menjadi lebih cepat. Virus ini menyerang sistem kekebalan imun seseorang yaitu menyerang siapa saja baik ibu menyusui, balita, anak -anak, remaja, dewasa bahkan lansia.

Gejala awal infeksi virus corona atau covid 19 ini bisa menyerupai gejala flu seperti pilek, demam, badan panas, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Setelah itu gejala dapat hilang dah sembuh atau malah memberat. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami batuk berdahak yang di sertai darah, sesak nafas, gangguan pernapasan, dan demam tinggi. Gejala – gejala tersebut muncul ketika imun tubuh seseorang menurun dan sehingga penularan virus covid bisa menyebar dengan cepat.

Virus corona ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar hampir ke seluruh negara, dan kini virus covid ini sekarang terjadi di negara Indonesia. Virus ini sangat cepat menyebar dan bahkan hanya dalam beberapa bulan saja, virus ini sudah sangat cepat pergerakannya. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan dengan istilah’Lockdown’ dalam rangka pencegahan masuknya virus corona. Di Indonesia sendiri di berlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekankan penyebaran virus ini. Kasus positif covid 19 ini di Indonesia pertama kali di deteksi pada tanggal 2 Maret 2020,ketika ada 2 orang yang Terkonfirmasi tertular pada seorang warga Jepang.

Menurut data yang di tetapkan percepatan penanganan covid 19 Republik Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif pada tanggal 20 Januari 2021 adalah 927.380 orang dengan jumlah kematian 26.590 orang. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin 56,5% penderita yang meninggal akibat covid 19 adalah laki-laki dan 43,5%sisanya adalah perempuan.

Pada masa pandemi covid 19 ini memberikan dampak sangat besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, salah satu pembelajaran jarak jauh atau di sebut dengan “PJJ” yang di lakukan secara daring/online dari rumah masing-masing. Permasalahan tersebut antara lain ketidaksediaan listrik dan jaringan internet, selain itu tidak sedikitpun keluarga yang tidak memiliki sarana untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh atau pjj.

Selain di bidang pendidikan ini juga berdampak pada bidang ekonomi terutama di pariwisata akibat di berlakukannya PSBB membuat masyarakat yang terjun di bidang ini menjadi kehilangan pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan dan menjadi pengangguran , dimana di sektor inilah sebagian besar masyarakat bekerja untuk menafkahi keluarganya dalam sehari -hari , karena dimasa pandemi covid 19 ini sangat meresahkan masyarakat Indonesia akan kehilangan pekerjaannya dan karna di masa pandemi ini juga sangat susah untuk mencari kerja.

(Ni Komang Trisna merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1