Penanggulangan Covid-19
oleh: Ni Wayan Melan Apriyani

Indonesia saat ini masih merasakan kesedihan yang luar biasa, karena bencana dan penyakit sedang menyerang negeri ini. Salah satunya adalah wabah penyakit virus Covid-19 yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona. Indonesia saat ini terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penularan virus corona dengan berbagai cara salah satunya adalah gerakan protokol kesehatan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Gerakan tersebut sudah diinformasikan langsung oleh pemerintah ataupun tenaga medis yang bertujuan untuk menekan angka penularan virus corona di indonesia. Akan tetapi, gerakan tersebut masih harus sering diingatkan pada masyarakat, karena sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui pentingnya gerakan kesehatan tersebut, tetapi tetap masih ada juga masyarakat yang masih lalai terhadap gerakan protokol kesehatan tersebut. Berbagai perilaku menyimpang yang tampak, yaitu tidak memakai masker saat berada di tempat- tempat kerumunan, seperti pasar tradisional, mall, serta pusat perbelanjaan lainnya. Di samping itu, masih ada sedikit tidaknya tempat umum atau kawasan pusat perbelanjaan yang tidak menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitaizer. Selain itu, menjaga jarak adalah salah satu protokol yang sering dilanggar oleh masyarakat, sehingga perlu ditekankan lagi dengan memberikan peringatan pada pelanggar protokol.

Peringatan tersebut dilakukan demi kelancaran program pemerintah menerapkan gerakan protokol kesehatan 3M tersebut. Peringatan tersebut dilakukan dengan berbagai aksi, seperti menyanyikan lagu kebangsaan, membayar denda berupa uang, dan menyapu jalan raya. Peringatan tersebut diharapkan memberi efek jera bagi pelanggar aturan yang menyalahi protokol kesehatan. Untuk itu, mari berjuang,berdoa, berusaha menjadikan Indonesia dan bumi kembali normal.

(Ni Wayan Melan Apriyani merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu Angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1