PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA HINDU

Program Studi Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura merupakan penyelenggara pendidikan dan pengajaran bidang Pendidikan Agama Hindu. Program studi ini sebagai pengembang kegiatan akademik dan keilmuan berupaya mempersiapkan lulusan sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang profesional di bidang Pendidikan Agama Hindu, sehingga dapat berkiprah di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura secara historis tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu swasta di bawah naungan PGAHN  yang ada sejak tahun 1968.  Pada tahun 1968 ada tiga PGAH Negeri di Indonesia yaitu PGAHN Denpasar, PGAH Singaraja, PGAHN Mataram, dan ada 12 buah PGAH swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Karangasem.

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan, dikeluarkanlah UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam UU RI tersebut diisyaratkan bahwa seorang guru Agama harus berpendidikan tinggi minimal setingkat Diploma 2 (D2) untuk guru-guru SD dan Diploma 3 (D3) untuk guru-guru SLTP. Sejak tahun ajaran 1990-1991, PGAH tidak diperkenankan lagi menerima siswa baru karena akan dialihfungsikan menjadi lembaga pendidikan tinggi.

Berdasarkan situasi yang demikian, melalui Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar Yayasan Perguruan Parisada Amlapura pada tahun 1984 mengusulkan, berdirinya lembaga pendidikan Tinggi Hindu yang disebut Akademi Pendidikan Guru Agama Hindu (APGAH), selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Agama Hindu Amlapura, yang disingkat STKIP Agama Hindu Amlapura. Tahun 1986 keluar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 0814/0/1986 tertanggal 19 November 1986. SK Mendikbud tersebut merupakan dasar hukum eksistensi STKIP Agama Hindu Amlapura Jenjang SI. Oleh karena itu,  sejak tahun 1986 STKIP Agama Hindu Amlapura hanya mengelola jenjang strata 1 (S1) dengan Progran Studi Pendidikan Agama Hindu, dan tahun 2010 menambah lagi satu Prodi yaitu : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu (Kosentrasi Bahasa Bali) Selanjutnya, di tahun 2018 STKIP Agama Hindu Amlapura menambah 2 Program Studi lagi, yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan PGSD. Untuk prodi Pendidikan Agama Hindu sudah 3 kali melakukan reakreditasi dengan perolehan peringkat B (baik sekali).

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Hindu yang Unggul Berlandaskan
Falsafah Asah, Asih, Asuh di Nusantara Tahun 2045

 

MISI

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan berlandaskan
    Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang berkualitas untuk pemeliharaan, pengembangan, dan pelestarian Pendidikan Agama Hindu dengan berlandaskan Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat khususnya pada bidang Pendidikan Agama Hindu dengan berlandaskan
    Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  • Meningkatkan mutu lulusan agar siap bersaing di pasar kerja.
  1. Memiliki kemampuan menjadi pendidik dalam bidang PendidikanAgama Hindu berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial yang berlandaskan Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  2. Kemampuan mengembangkan pola pikir, konsep, dan prosedur keilmuan Hindu dalam rangka pengembangan pengetahuan
    Pendidikan Agama Hindu lebih lanjut yang berlandaskan Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  3. Memiliki pemahaman mendalam mengenai perkembangan Pendidikan Agama Hindu untuk menyumbangkan pelayanan publik
    yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan yang berlandaskan Falsafah Asah, Asih, Asuh.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi secara sosial, profesional, dan bekerja pada lembaga-lembaga yang berhubungan dengan
    kompetensi keilmuannya, serta mampu bersifat terbuka, adaptif,dan tanggap terhadap perubahan-perubahan sosial sebagai tenaga pendidik bidang agama Hindu yang berlandaskan Falsafah Asah, Asih, Asuh.
No. Profil Deskripsi
1 Tenaga Pengajar Bidang Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Formal ataupun Non-Formal Menjadi tenaga pengajar di sekolah formal ataupun Non-Formal dengan menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan kependidikan/keguruan secara mendalam, dan mampu menjadi teladan bagi anak didik, berakhlak mulia religius, komunikatif dan inovatif, serta terampil dalam bidang pedagogik
2 Peneliti Pemula Menjadi peneliti pemula di bidang Pendidikan Agama Hindu yang menguasai konsep teoritis bidang penelitian/penulisan ilmiah secara mendalam terkait isu-isu bidang pendidikan, kegamaan,budaya, dan sastra Hindu
3 Pengelola Administrasi Pendidikan Menjadi pengelola administrasi kependidikan pada Sekolah Formal ataupun Non-Formal yang menguasai konsep  teoritis bidang administrasi dan pengolalaanya secara mendalam, dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam lingkup pekerjaanya sebagai pengelola administrasi pendidikan
Peneliti Menjadi peneliti pemula di bidang Pendidikan Agama Hindu dengan bersumber pada nilai ajaran agama, budaya, dan seni yang berbasis Hindu.
4 Wirausahawan di Bidang Keagamaan Hindu Menjadi Wirahusaha Bidang keagamaan  Hindu yang menguasai  pangsa pasar umat Hindu dan mengelolanya secara terampil dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam lingkup pekerjaannya sebagai wirahusa bidang keagamaan hindu
Hubungi kami di WhatsApp
1