Penyebaran Covid-19 di Indonesia
oleh: Ni Luh Putu Widia Kartini

Sejak merebaknya kasus virus corona (covid-19) di Indonesia, kondisi masyarakat Indonesia menjadi sangat terpuruk terlebih dibidang pariwisata,perekonomian ,dan perdagangan menjadi sangat krisis oleh karena itu sulitnya masyarakat Indonesia mendapatkan kebutuhan pangan sehingga banyak masyarakat Indonesia kelaparan akibat pandemi virus tersebut. Covid-19 begitu cepat menular dari satu manusia ke manusia lainnya. Jumlah korban dan angka kasus kian meningkat. Hingga jumlah kasus mencapai lebih daripada ratusan kasus per hari di Indonesia. Sementara itu, di dunia mencapai lebih dari ribuan juta kasus.

Penyebaran virus ini sangat cepat terutama di Indonesia, terutama pada orang yang mengidap gejala penyakit tertentu sangat rentan terkena virus ini. Virus ini sangat cepat menyerang organ pernapasan dan imun tubuh manusia. Selain itu, virus ini juga sangat rentan menyerang lansia dan balita.dan akibatnya dapat menimbulkan korban jiwa karena kekebalan tubuh yang sudah tidak kuat.

Covid-19 ditularkan dari seseorang yang terkena virus SARS-CoV-2 ke orang lainnya. Penyakit ini dapat menyebar melalui droplet atau tetesan air dari hidung, mulut, atau bagian lain dari tubuh manusia. Penularannya dapat terjadi pada saat batuk, bersin, atau berbicara.Seseorang juga dapat terinfeksi Covid-19 bila tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Ini alasan mengapa penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang lain.

Droplet juga dapat melekat atau jatuh pada benda di sekitarnya, kemudian menularkan penyakit pada orang lain yang menyentuh benda yang sudah terkontaminasi droplet penderita. Bila tangan kita yang terkontaminasi menyentuh mata, hidung, atau mulut, maka kita dapat terinfeksi Covid-19. Ini adalah alasan pentingnya mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer.agar dapat mencegah terjadinya mata rantai penularan virus corona (covid-19). Dan bila berpergian keluar rumah harus menggunakan masker agar tidak terjadi kontak langsung dengan orang yang mungkin terkena virus covid-19.

Terlebih di musim pancaroba seperti sekarang ini kita harus rajin-rajin berolahraga agar terhindar dari virus covid-19.menjaga pola makan dan istirahat secara teratur serta berjemur dipagi hari.selalu menaati protkol kesehatan menjauhi keramaian dan kerumunan ketika berada di luar rumah, tetap di rumah melakukan kegiatan yang positif dan rekreatif untuk mencegah virus ini di masa pandemi seperti sekarang.

(Ni Luh Putu Widia Kartini merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1