Perang Dunia Melawan Covid-19
oleh: Ni Komang Sinta Darmayanti

Virus covid-19 (Corona) adalah virus yang diduga berasal dari negara Cina. Virus ini sangat meresahkan warga dunia karena virus ini sangat cepat menyebar. PBB, WHO dan semua negara bergerak cepat untuk menangani warga yang berada di Cina, namun karena keadaan di Cina tidak bisa dikendalikan mereka melakukan isolasi di daerah Wuhan, guna menghindari virus itu menyebar.

Corona virus menyerang pada sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini sering disebut covid-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru – paru (pneumonia akut), sampai kematian. Secara umum gejala virus Corona adalah flu, demam, batuk, hingga sesak napas.

Dengan banyaknya korban yang meninggal akibat covid-19 ini, pemerintah mengusulkan agar sekolah di Indonesia serentak diliburkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tidak hanya sekolah, para pebisnis pun ikut diliburkan karena adanya virus ini. Pengusaha yang berkeluh kesah utamanya berasal dari sektor pariwisata dan pemilik usaha dengan bahan baku impor.

Para siswa dan siswi diwajibkan tidak keluar rumah selama proses penanggulangan covid-19 ini, mereka harus mengerjakan tugas secara online yang diberikan oleh para guru. Begitupun untuk para pekerja atau pebisnis, untuk saat sekarang, mereka harus bekerja di rumah masing-masing sampai jadwal waktu yang ditentukan. Dalam 3 bulan terakhir ini permasalahan tentang covid-19 marak dibicarakan dunia mulai dari di internet maupun di televisi. Tanggapan dari masyarakat pun berbeda – beda, ada yang mengerti tentang seberapa bahayanya covid-19 ini dan ada juga yang biasa – biasa saja bahkan tidak khawatir sama sekali. Sementara itu juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan protocol kesehatan menjadi satu – satunya pegangan semua pihak agar aman terhadap penularan covid-19. Hal ini disampaikan menanggapi berbagai informasi yang menyebut covid-19 tak semengerikan yang diberitakan di media masa. Yuri juga menegaskan, masyarakat harus disiplin memakai masker dengan benar, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Sementara itu, para pakar kesehatan bekerja keras untuk segera menghasilkan vaksin. Vaksin akan memberikan perlindungan terhadap kekebalan tubuh orang dan memerangi virus. Penelitian terus berlangsung sampai saat ini. Sekitar 80 grup di seluruh dunia mulai melakukan penelitian vaksin dan sejumlah di antaranya sudah masuk uji klinis. Para ilmuwan di Australia mulai menguji dua vaksin terhadap binatang. Inilah langkah yang paling komprehensif sejauh ini dengan menguji binatang. Namun belum diketahui seberapa efektif vaksin – vaksin ini.
Oleh karena itu, mari kita patuhi kebijakan pemerintah agar tidak banyak lagi korban yang meninggal akibat serangan virus Corona. Dan jagalah kebersihan tangan agar penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita pegang, agar kita dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya baik dibidang pendidikan maupun perekonomian.

(Ni Komang Sinta Darmayanti merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1