Amlapura, 13 Oktober 2021

Dalam rangkaian kegiatan Wikithon Partisipasi Publik #3 yang diadakan oleh  BASAbali Wiki, STKIP Agama Hindu Amlapura mendapatkan Juara 1 dalam kategori Umum. Perlombaan ini para kelompok peserta berkompetisi membuat aksi kreatif penyelamatan lingkungan yang dapat berdampak nyata pada pengurangan dan pengolahan sampah. Dengan cara peserta mengirimkan karya dalam bentuk ulasan/deskripsi aksi kreatif yang dilakukan, ke dalam rak Inisiatif Lingkungan (Environmental Initiatives) di Perpustakaan Virtual BASAbali Wiki, dilengkapi dengan foto atau video.

Judul aksi kreatif yang di prakarsai oleh I Ketut Suardana,  I Kadek Pasek dan Ni Komang Sandiasih berjudul “Ring Jero Soang – Soang Pilah Taler Olah Sampah”. Dengan durasi video yang dibuat selama 02 menit 48 detik ini, perwakilan dari STKIP Agama Hindu Amlapura menyampaikan bagaimana cara pemilahan dan pengolahan sampah yang baik dan benar. Serta mengajak kaula muda untuk dapat tetap menjaga lingkungan sekitar kita dari sampah, dan tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Dikutip dari cuplikan penilaian dewan juri ibu Sri Indrastuti Hadiputranto bahwa para peserta di tuntut untuk kreatif dalam pembuatan video/foto serta yang paling di tekankan adalah bagaimana kesadaran dari para peserta bahaya dari sampah plastik itu sendiri. Dengan adanya issue ini, diharapkan anak muda di bali lebih peka lagi terhadap lingkungannya dengan dikemas menggunakan bahasa bali tidak di ragukan lagi anak muda di bali ini sangat kreatif – kretif sekali dan penggunaan bahasa bali ini juga sangat menarik sekali. Dengan kepedulian dari anak muda di bali ini harapkannya dapat membantu peningkatan pariwisata yang ada di bali.

Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura, Drs. I Wayan Dwija, M.Pd. juga sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras para mahasiswa yang penuh dedikasi serta tanggung jawab mengangkat nama STKIP Agama Hindu Amlapura. “Lembaga sangat bangga kepada para mahasiswa, dengan memerdekakan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akademik dan non akademik baik di dalam kampus ataupun diluar kampus”. Dengan demikian kegiatan merdeka belajar dapat berjalan dengan baik, begitu ujarnya.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1