PRODI BAHASA INGGRIS JALANI ASESMEN LAPANGAN DIMASA PPKM MELALUI DARING

Amlapura- 09 Juli 2021

Pada hari ini STKIP Agama Hindu Amlapura sedang menjalani proses Asesmen Lapangan Dalam Jaringan Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 09 Juli 2021 s/d 10 Juli 2021.

Acara tersebut secara langsung dipandu oleh Ketua LPM STKIP Agama Hindu Amlapura Bapak Putu Andyka Putra Gotama, S.Pd., M.Pd. yang memandu acara pembukaan tersebut dengan memperkenalkan jajaran STKIP Agama Hindu Amlapura. Serta disambut dengan Asesor dari BAN-PT Bapak Dr. Muhammad Farkhan, M.Pd (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Bapak Dr. phil. Saiful Akmal, S.Pd.I., M.A (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Pembukaan acara langsung  di buka oleh ketua STKIP Agama Hindu Amlapura Bapak Drs. I Wayan Dwija, M.Pd.

Pesan dari asesor bapak Dr. phil. Saiful Akmal, S.Pd.I., M.A. pada acara pembukaan asesmen  “Data dari asesmen lapangan ini akan kami sampaikan ke Ban-PT dan ada tim validator dari Ban- PT yang akan mengeceknya kembali” serta menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada STKIP Agama Hindu Amlapura terhadap kerja kerasnya sehingga kita semua sudah mencapai ke tahap AL (asesmen lapangan) hari ini. Dan harapannya dalam dua hari ini kegiatan dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan jadwal.

Berakhirnya pembukaan asesmen dengan pembacaan surat pernyataan dan penandatangan asesmen lapangan yang  ditanda tangani oleh Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Amlapura Ibu Kade Restika Dewi, S.Pd., M.Pd dan Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura Bapak Drs. I Wayan Dwija, M.Pd.

Kemudian asesmen lapangan dilanjutkan dengan pemutaran video dan presentasi oleh bapak ketua STKIP Agama Hindu Amlapura Drs. I Wayan Dwija, M.Pd dimana di dalam presentasi beliau  menyampaikan selayang pandang dari STKIP Agama Hindu Amlapura. Pada penyampaian bliau mengenai arah pengembaangan STKIP Agama Hindu Amlapura, akan menambah 1 prodi yaitu Program Studi Sistem Informasi Jenjang Strata 1, peningkatan Status Institusi dari sekolah tinggi menjadi institut. Serta peningkatan status akreditasi baik program studi maupun institusi. Dan beliau juga menyampaikan “Setelah ini, kami akan melaksanakan Asesmen Lapangan dari PGSD serta di tahung 2022 akan melaksanakan akreditasi program studi Pendidikan agama hindu” .

Selanjutnya dilanjutkan dengan telusur yang pertama yaitu di tujukan ke bapak Dr. I Wayan Sarya, S.Pd., M.Ag., M.Pd dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, dan lanjut ke Bapak I Ketut Sudiantara dari Villa Manager Asada Villa, Bapak I Made Bandem selaku Direktur Liberty International Collage, Bapak I Made Agung Ari Yasa, S.Pd., M.Pd.H dan Bapak I Putu Mardana, S.H., M.AP. selaku perwakilan  orang tua mahasiswa dan wali dari mahasiswa. Serta dilanjutkan ke pada seluruh standar yang ada.

Pada hari kedua asesmen lapangan dilanjutkan sesi dengan mahasiswa dengan Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa. Selanjutnya adalah Penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi oleh kedua asesor.

Penutupan asesmen lapangan di hari kedua yaitu dengan Penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi oleh asesor, serta foto Bersama. Seluruh kegiatan asesmen selama dua hari ini sudah berjalan dengan lancar, dan kami juga berharap seluruh data yang kami siapkan sudah seuai dengan standar, dan mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Semua tahapan akreditasi pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah dilakukan dan selanjutnya menunggu hasil akreditasi dari BAN-PT. Dikonfirmasi setelah sesi penutupan, Kade Restika Dewi, S.Pd., M.Pd. (Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris) menyatakan sangat bersyukur telah berhasil melalui proses akreditasi dengan baik. “Saya senang sekali telah melalui ini semua berkat dukungan dari Tim, sivitas akademika, stakeholder, dan semua pihak yang sangat solid. Meskipun AL telah berakhir, namun pekerjaan kami tidak berakhir sampai ini. Kami akan terus berproses untuk meningkatkan kualitas prodi baik dari segi mutu lulusan, mutu dosen dan tendik, dan layanan” ungkapnya. (J)