I. Sejarah Singkat STKIP Agama Hindu Amlapura

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura secara historis tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu swasta di bawah naungan (PGAHN ) yang ada sejak tahun 1968.  Pada tahun 1968 ada tiga PGAH Negeri di Indonesia yaitu PGAHN Denpasar, PGAH Singaraja, PGAHN Mataram, dan ada 12 buah PGAH swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Karangasem.

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan, dikeluarkanlah UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam UU RI tersebut diisyaratkan bahwa seorang guru Agama harus berpendidikan tinggi minimal setingkat Diploma 2 (D2) untuk guru-guru SD dan Diploma 3 (D3) untuk guru-guru SLTP. Sejak tahun ajaran 1990-1991, PGAH tidak diperkenankan lagi menerima siswa baru karena akan dialihfungsikan menjadi lembaga pendidikan tinggi.

Berdasarkan situasi yang demikian, melalui Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar Yayasan Perguruan Parisada Amlapura pada tahun 1984 mengusulkan, berdirinya lembaga pendidikan Tinggi Hindu yang disebut Akademi Pendidikan Guru Agama Hindu (APGAH), selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Agama Hindu Amlapura, yang disingkat STKIP Agama Hindu Amlapura. Tahun 1986 keluar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 0814/0/1986 tertanggal 19 November 1986.SK Mendikbud tersebut merupakan dasar hukum eksistensi STKIP Agama Hindu Amlapura Jenjang SI. Oleh karena itu,  sejak tahun 1986 STKIP Agama Hindu Amlapura hanya mengelola jenjang strata 1 (S1) dengan Progran Studi Pendidikan Agama Hindu, dan tahun 2010 menambah lagi satu Prodi yaitu : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu (Kosentrasi Bahasa Bali).

STKIP Agama Hindu Amlapura telah terkareditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1608/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 30 Mei 2017.

Pada tahun 2018 ini, STKIP Agama Hindu Amlapura kembali mengembangkan program studi, yakni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 39 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 9 Mei 2018. Sementara itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 37 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Bahasa Inggris pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 2 Mei 2018.

II. Identitas

Identitas STKIP Agama Hindu Amlapura adalah Perguruan Tinggi Swasta yang dipimpin oleh seorang Ketua, yang bertanggung jawab langsung kepada Yayasan Perguruan Parisada Amlapura.

2.1 Lambang/Logo STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. Lambang STKIP Agarna Hindu Amlapura terdiri atas:
    1. Swastika warna kuning melambangkan kebenaran.
    2. Lingkaran warna kuning dan latar belakang warna merah pada swastika melambangkan semangat persatuan yang tinggi.
    3. Gambar delapan buah daun padma berwama kuning mengelilingi gambar swastika melambangkan delapan penjuru mata angin yang penuh harapan.

2.2 Bendera STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. Berbentuk segi empat panjang yang perbandingan panjang dan lebarnya tiga berbanding dua.
  2. Berwama dasar biru muda dihiasi dengan rumbai-rumbai warna kuning melambangkan pengayoman / perlindungan dan kemuliaan.
  3. Di tengah-tengah bendera STKIP Agama Hindu Amlapura terdapat lambang STKIP Agama Hindu Amlapura dan dikelilingi tulisan SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN AGAMA HINDU AMLAPURA berwarna biru.
  4. Latar belakang gambar bukit warna biru dan di atasnya gambar Pulau Bali warna Putih melambangkan kebesaran gunung Agung berada di wilayah pulau Bali.
  5. Dua sayap warna coklat yang masing-masing memiliki bulu lima helai dan diikat oleh rantai warna kuning, melambangkan Pancasila sebagai dasar persatuan untuk mencapai tujuan.
  6. Gambar buku di bawah swastika melambangkan sumber ilmu pengetahuan.

2.2 Busana Akademik STKIP Agama Hindu Amlapura

 

  1. Busana Akademik di lingkungan STKIP Agama Hindu Amlapura terdiri dari toga jabatan dan toga Wisudawan.
  2. Toga jabatan adalah jubah yang dikenakan oleh Ketua, Wakil Ketua, Guru Besar, Anggota Senat STKIP Agama Hindu Amlapura.
  3. Toga jabatan dikenakan pada upacara-upacara akademik, yakni upacara Dies Natalis, Wisuda, pengukuhan Guru Besar dan Promosi Doktor Kehormatan.
  4. Toga jabatan terbuat dari bahan/kain yang berwarna hitam, berukuran besar sampai ke bawah lutut, dengan bentuk lengan panjang lebar ke arah pergelangan tangan dengan dilapisi bahan bludru warna kuning selebar kurang lebih 12 cm. Pada bagian atas lengan sebelah luar dan pada bagian punggung toga terdapat lipatan-lipatan (ploi).
  5. Toga jabatan dilengkapi dengan topi jabatan dan kalung jabatan:
  • Topi jabatan adalah penutup kepala terbuat dari bahan berwarna hitam, berbentuk segi lima, sisi masing-masing 20 cm, di tengahnya terdapat hiasan kuncir lilitan benang berwarna hijau.
  • Kalung jabatan Ketua dikenakan dileher berbentuk rangkaian lambang STKIP Agama Hindu Amlapura, terbuat dari logam tipis berwarna kuning emas.
  • Kalung jabatan Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura dan Wakil Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura terbuat dari bahan yang sama dengan kalung jabatan Ketua.
  • Kedua ujung pita kalung jabatan dipertemukan dengan lambang STKIP Agama Hindu Amlapura, yang terbuat dari bulatan logam tipis berwarna kuning emas.
  • 6.Toga wisudawan adalah jubah yang dikenakan pada acara Wisuda oleh para wisudawan yang telah menyelesaikan studi di lingkungan STKIP Agama Hindu Amlapura.
  • 7.Toga wisudawan terbuat dari kain berwarna hitam,ukuran besar dan panjang sampai ke bawah lutut, lengan panjang dan merata, lipatan (ploi) pada lengan atas dan punggung toga. Tampak bagian belakang toga wisudawan persegi empat.
  • 8.Kelengkapan toga bagi wisudawan adalah topi wisudawan yang bentuk, ukuran dan warnanya sama dengan topi jabatan. Hiasan kuncir wisudawan disesuaikan dengan jurusan masing-masing, yaitu: jurusan Pendidikan Agama Hindu berwarna orange, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu berwarna biru.

III. Profil Program Studi/Jurusan/Fakultas

STKIP Agama Hindu Amlapura merupakan salah satu Perguruan Tinggi Agama Hindu (PTAH) di Indonesia dan merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Hindu (PTAH) yang ada di Kabupaten Karangasem. STKIP Agama Hindu Amlapura ini beralamat di Jalan Ngurah Rai Nomor 35 Amlapura, Bali. STKIP Agama Hindu Amlapura dipimpim oleh seorang ketua, yakni Drs. I Wayan Dwija, M.Pd., yang dibantu oleh para wakil ketua, yakni Wakil Ketua I: Ni Kadek Juliantari, S.Pd., M.Pd., Wakil Ketua II: Drs. I Ketut Seken, M.Si., dan Wakil Ketua III: I Komang Badra, S.Pd., M.Pd.H. STKIP Agama Hindu Amlapura memiliki dua program studi, yakni Program Studi Pendidikan Agama Hindu dan Program Studi Bahasa dan Sastra Agama Hindu. Program Studi Pendidikan Agama Hindu diketuai oleh I Ketut Dani Budiantara, S.Pd., M.Pd..; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu diketuai oleh I Wayan Jatiyasa, S.Pd., M.Pd. Program Pendidikan Bahasa Bali telah mengalami perubahan penamaan berdasrkan Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 54 Tahun 2018, dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Bali. ; Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diketuai oleh Kade Restika Dewi, S.Pd., M.Pd.; dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diketuai oleh Ni Ketut Erna Muliastrini, S.Pd., M.Pd.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi STKIP Agama Hindu Amlapura memiliki komitmen meningkatkan pengetahuan dan moral masyarakat melalui proses pendidikan tinggi. Pembinaan moral dan spiritual peserta didik merupakan cita-cita Yayasan Perguruan Parisada Amlapura khususnya dalam keikutsertaan membangun masyarakat dan bangsa. STKIP Agama Hindu Amlapura mempunyai Visi yang berbunyi: Menjadikan STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang Unggul dalam Bidang Keguruan dan IlmuPendidikan.

Berdasarkan visi tersebut, misi STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai berikut:

  1. melaksanakan pembelajaran yang sistemik berdasarkan prinsip-prinsip akademik (academik reasoning) sebagaimana tertuang dalam pedoman studi
  2. menyelenggarakan kegiatan penelitian yang akuntabel dan berdaya saing
  3. melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berdaya guna.
  4. meningkatkan akreditasi Prodi
  5. mewujudkan institusiyang terakreditasi
  6. meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan serta lulusan
  7. bersinergi dengan stakeholders dalampembangunan kesejahteraan berbasis kearifan lokal masyarakat
  8. mengembangkan managemen berbasis informasi dan teknologi untuk mewujudkan STKIP sebagaiperguruan tinggi yang memberipelayanan maksimal

Dari visi dan misi yang telah ditetapkan tersebut tujuan STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai landasan penetapan kebijakan operasional adalah sebagai berikut:

  1. untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan karakter mampu bersaing di dunia kerja
  2. menghasilkan penelitian yang sesuai dengan bidangnya
  3. menyumbangkan pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan
  4. meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap prodi
  5. meningkatkan kepercayaan publik terhadap STKIP
  6. menciptakan suasana akademik yang kondusif
  7. menjalin kerjasamadengan stakeholders,pemerintah,antar perguruan tinggi,pihak swasta  baik dalam maupun luar negeri
  8. tersedianya layanan informasi yang berbasis IT.

Dari visi dan misi yang telah ditetapkan tersebut tujuan STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai landasan penetapan kebijakan operasional adalah sebagai berikut:

  1. untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan karakter mampu bersaing di dunia kerja
  2. menghasilkan penelitian yang sesuai dengan bidangnya
  3. menyumbangkan pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan
  4. meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap prodi
  5. meningkatkan kepercayaan publik terhadap STKIP
  6. menciptakan suasana akademik yang kondusif
  7. menjalin kerjasama dengan stakeholders, pemerintah, antar perguruan tinggi, pihak swasta  baik dalam maupun luar negeri
  8. tersedianya layanan informasi yang berbasis IT.

IV. Jumlah Dosen/Tenaga Pendidik

Data dosen tetap dan dosen tidak tetap pada  STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai berikut.

  1.  Dosen Tetap
No
Nama Dosen Tetap /NIDN
Tanggal Lahir
Jabatan Akademik
Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT*
Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
Homebased
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1
Drs. I Wayan Gama, M.Si.
0031126140
31 Des 1961 Lektor Kepala S1: FKIP Unud
S2: Fakultas Sastra
Pendidikan
Kajian Budaya
Pendidikan Agama Hindu
2
Drs. I Wayan Dwija, M.Pd.
0031125739
31 Des 1957 Lektor Kepala S1: FIP Unud
S2: IKIP N Singaraja
Pendidikan
Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Agama Hindu
3
Dra. Ida Ayu Karang Adnyani Dewi, M.Pd 8 Agst 1956 Lektor Kepala S1:FKIP UNUD
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
-Evaluasi Pend.
Pendidikan Agama Hindu
4
Drs. I Nyoman Subadra, M.Si.
0831126003
31 Desember 1960 Asisten ahli S1. UNHI
S2. UNHI
– Pendidikan Agama Hindu
– Agama dan Kebudayaan
Pendidikan Agama Hindu
5
Ni Kadek Juliantari, S.Pd., M.Pd.
0803078705
03 Juli 1987 Lektor S1: Undiksha
S2 :Undiksha
– Pend. Bhs. dan Sastra Indo
– Pend. Bahasa
Pendidikan Agama Hindu
6
Putu Andyka Putra Gotama, S.Pd., M.Pd.
0809078801
9 Juli 1988 Asisten Ahli S1:Undiksha
S2 : Undiksha
– Pedd. Bhs dan Sastra Indonesia
– Pendidikan B.Indonesia
Pendidikan Agama Hindu
7
Wayan Yanik Yasmini, SH., M.Si.
0807036801
07 Maret 1968 Asisten Ahli S1: UNUD
S.2 UNHI
– Hukum Perdata
– Agama dan Kebudayaan
Pendidikan Agama Hindu
8
I Wayan Adi Updana 06 Agustus 1990 Asisten Ahli S1: IHDN Denpasar
S.2 IHDN Denpasar
– Sastra Agama dan Bahasa Bali
-Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali
Pendidikan Bahasa Bali
9
I Wayan Jatiyasa, S.Pd., M.Pd.
0807128801
07-12-1988 Lektor S1: IKIP PGRI BALI
S2: IHDN Denpasa
-PendidikanBahasa dan Sastra Daerah Bali
-Pendidikan Sastra Agama (Konsentrasi Bahasa Bali)
Pendidikan Bahasa Bali
10
Ni Wayan Apriani,S.Pd., M.Pd.
0807128801
29-04-1987 Lektor S1: IKIP PGRI BALI
S2: IHDN Denpasar
-Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Bali
-Pendidikan Sastra Agama (Konsentrasi Bahasa Bali)
Pendidikan Bahasa Bali
11
Ni Komang Aryani, S.Pd., M.Pd.
0812078902
12-07-1989 Asisten Ahli S1: IKIP PGRI BALI
S2: IHDN Denpasar
-PendidikanBahasa dan Sastra Daerah Bali
-Pendidikan Sastra Agama (Konsentrasi Bahasa Bali)
Pendidikan Bahasa Bali
12
I Ketut Dani Budiantara, S.Pd., M.Si.
0830126801
30-12-1968 Asisten Ahli S1: STKIP AH Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Ilmu Agama dan Kebudayaan
Pendidikan Agama Hindu
13
Ni Kadek Ayu Paramanandani, S.Pd., M.Pd.H.
0808128204
08-12-1982 Asisten Ahli SS1: STKIP AH Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Bahasa Bali
14
Ni Putu Gatriyani, S.Pd., M.Pd.H.
0827028601
27-02-1986 Asisten Ahli S1: STKIP AH Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Bahasa Bali
15
Ketut Ayu Merta Sari, S.Pd., M.Pd. 12 Agustus 1992 S1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: IHDN Denpasa
-STKIP Pend Bahasa dan Sastra Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Bahasa Bali
16
I Ketut Wiriawan, S.Pd., M.Pd. 28-08-1981 Asisten Ahli S1: Unmas Denpasar
S2: Undiksha
-Pendidikan Bahasa Inggris
– Manajemen Pendidikan
Pendidikan Bahasa Inggris
17
Kade Restika, Dewi, S.Pd., M.Pd.
0808018902
08-01-1989 Asisten Ahli S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Bahasa Inggris
-Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Inggris
18
Luh Melin Udayanti, S.Pd., M.Pd. Kalibukbuk, 22 Mei 1992 S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Bahasa Inggris
-Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa Inggris
19
I Komang Badra, S.Pd., M.Pd.H.
0822087803
22 Agustus 1978 Asisten Ahli S1: Universitas Mahasaraswati
S2: UNHI
-Pendidikan Bahasa Inggris
-Pendidikan Agama.Hindu
Pendidikan Bahasa Inggris
20
Sang Ayu Putu Nilayani, S.Pd., M.Pd. Tegalasah, 31 Desember 1991 Asisten Ahli S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Bahasa Indonesia
-Pendidikan Bahasa Indonesia
Pendidikan Bahasa Inggris
21
Ni Ketut Erna Muliastrini, S.Pd., M.Pd. 10 Maret 1994 Asisten Ahli S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Fisika
-Pendidikan Dasar
PGSD
22
Pande Gede Subiksa Brahma Randia, S.Pd., M.Pd 28 Juli 1989 S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
-Pendidikan Matematika
PGSD
23
Ni Luh Putu Nopiyani, S.Pd., M.Pd. 6 Nop. 1987 S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
-Pendidikan Matematika
PGSD
24
I Gede Widiastika, S.Pd., M.Pd.
0808118801
08 Nov 1988 S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Dasar PGSD
25
I Nengah Agus Suryanatha, S.Pd., M.Pd
0826108602
26 Okt. 1986 Asisten Ahli S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
-Pendidikan Matematika
PGSD
  1. Dosen Tidak Tetap
No
Nama Dosen Tetap / NIDN
Tanggal Lahir
Jabatan Akademik
Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT*
Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
Ket.
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1
Drs. I Gede Bandem, M.Si.
0804086801
4 Ags 1968 Lektor S1: UNUD
S2: UNHI
-PPKN
– Agama dan Kebudayaan
2
DDrs. Ida Komang Wirnata, S.Pd., M.Si.
0806115901
06 Nov 1969 Asisten Ahli S1: STKIP Agama Hindu Amlapu ra
S2 : UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Agama dan Kebudayaan
3
Drs. I Wayan Pendem, M.Si.
0825066501
25 Juni 1965 Asisten Ahli S1 : IHD
S2 : UNHI
-Sastra dan filsafat hindu
-Agama dan Kebudayaan
4
Drs. I Ketut Seken, M.Si.
0831126452
31 Des 1964 Lektor SS1: IHD
S2: UNHI
-Pend. Agama Hindu
-Agama dan Kebudayaan
5
I Komang Gede Sudarsana, S.Pd.,M.Pd 18 April 1974 S1: STKIP Negeri Singaraja
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
-Manajemen Pendidikan
6
I Made Subagia, S.Pd.,M.Pd 3 April 1984 Lektor S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Biologi
-Evaluasi Pendidikan
7
I Putu Arnawa, S.Pd., M.Pd. 27 Jan. 1974 S1: IKIP Singaraja
S2: Undiksha
-Ilmu Pendidikan
-Pendidikan
8
DDr.I Made Regeg, S.Pd., M.Si.
990802593
22 Des 1963 S1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan .Agama Hindu
-Agama dan Kebudayaan
9
Ida Ayu Wayan Ebayanti, S.Pd., M.Si. 4 Peb 1974 1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan .Agama Hindu
-Agama dan Kebudayaan
10
Ni Nengah Sari, S.Pd., M.Ag. 26 Sep. 1968 S1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
– Ilmu Agama
11
Ida Ayu Made Supadmi, S.Pd., M.Pd.H. 12 Februari 1981 1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
12
Drs.Ida Bagus
Made Suta
Susila, M.Ag.
31-12-1964 Asisten Ahli 1: STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
13
Drs.I Nyoman
Merta,M.Si
31-12-1963 Asisten Ahli S1: IHDN Denpasar
S2: UNHI
-Pendidikan Agama Hindu
-Ilmu Agamadan Kebudayaan
14
Dra. Ni Komang Suardani, M.Ag. 31 Desember 1965 S1 : STKIP Agama Hindu Amlapura
S2: IHDN Denpasar
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
15
Drs. I Made Puri Suastika, M.Si 31 Oktober 1960 Lektor S1 : UNUD
S2 : UNHI Denpasar
-Pendidikan Fisika dan Kimia
-Ilmu Agama dan Kebudayaan
16
I Nyoman Putu Sutirta, S.Pd., M.Pd.H. 18 Juli 1974 S1: STKIP A.H. Amlapura
S2: IHDN
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
17
Drs. I Wayan Puriata, M.Si. 1959 S1 : STKIP Agama Hindu Amlapura
S2 : UNHI Denpasar
-Pendidikan Agama Hindu
-Ilmu Agama dan Kebudayaan
18
I Nyoman Jati, S.Pd., M.Pd. 30 Desember 1973 S1 : STKIP Agama Hindu Amlapura
S2 : IHDN Denpasar
-Pendidikan Agama Hindu
-Pendidikan Agama Hindu
19
I Nengah Agus Suryanatha, S. Pd, M. Pd 26 Okt 1986 S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Matematika
– Pendidikan Matematika
20
I Ketut Parna, S. Pd.SD, M.Pd 12 Pebruari 1982 Lektor S1: Universitas Terbuka
S2: Undiksha
-PGSD
-Pendas
21
Dewa Gede Suparta S.Pd. SD, M.Pd 10 Juli 1980 S1: Universitas Terbuka
S2: Undiksha
-PGSD
-Pendas
22
I Made Eka Sulantara S.Pd, M. Pd S1: Undiksha
S2: Undiksha
-Pendidikan Biologi
– Pendidikan Dasar
24
I Komang Sukayasa, S.Pd., M.Si Dukuh, 11 Juli 1989 Lektor S1: Undiksha
S2: Universitas Udayana
-Pendidikan Bahasa Bali
-Kajian Budaya

Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa keadaan dosen di STKIP Agama Hindu Amlapura dapat dilihat pada tabel berikut.

Status Dosen
Pendidikan Terakhir Dosen Program Studi S1
S3 S2 S1 Jumlah
Dosen PNS DPK 3 3
Dosen Tetap Yayasan 1 26 27
Dosen Tidak Tetap 24 24
Jumlah 1 52 52

VI. Jumlah Pegawai

Keadaan pagawai di STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai berikut.

Pendidikan Terakhir Jumlah Jenis Kelamin
S1 2 Laki = 2 Perempuan = 0
D-III 1 Laki = 0 Perempuan = 1
SLTA 5 Laki = 1 Perempuan = 4
SLTP Laki = 0 Perempuan = 0
SD 1 Laki = 1 Perempuan = 0
9 4 5

VII. Jumlah Koleksi Perpustakaan STKIP Agama Hindu Amlapura

No Kelompok Buku Kode Jumlah Judul Jumlah Eksemplar Keterangan
1 Umum 000 59 59
2 Filsafat 100 90 90
3 Agama 200        329     2.991
4 Ilmu Sosial 300        239        253
5 Bahasa 400 24 24
6 Ilmu Murni 500 19 19
7 Teknologi 600 20 20
8 Kesenian 700 16 16
9 Kesussastraan 800   8   8
10 Geografi 900 54 54
11 Majalah   8        528
12 Jurnal   6 28
13 Tabloid   2   2
14 Skripsi       215        215
15 Tesis  7    7
16 Tambahan  buku baru         64     1.264 Belum diklasifikasi
Total    1.160     5.580

 VIII. Sarana dan Prasarana STKIP Agama Hindu Amlapura Tahun Akademik 2015/2016

Ruang Jumlah Luas ( m2 )
      Jumlah Kelas 12 720
Lab. Komputer 1 148
      Perpustakaan 1 150
      Lab Keagamaan 1 200
      AULA 1 220
      Ketua 1 30
      Pembantu Ketua 3 60
      Dosen tetap 1 38
      Dosen tidak tetap 1              40
      Ketua Prodi 2 40
      Administrasi 1 30
      Perpustakaan 1 56
      Senat Mahasiswa 1 20
      Gudang 1 48

IX. Prestasi yang pernah diraih  :

  1. Juara Umum Lomba Temu Karya Ilmiah Perguruan Tinggi Hindu Seluruh Indonesia tiga kali berturut-turut tahun 2010, 2011 dan tahun 2014
  2. Meraih Medali Emas, Loba Gerak Jalan Putra dan Putri dalam HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Karangasem tahun 2011, 2012, 2013 dan tahun
  3. Meraih Medali Emas Lomba Pelacakan Putra dan Putri dalam HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Karangasem tahun 2011, 2012, dan tahun 2013.

X. Potensi pendukung Program STKIP Agama Hindu Amlapura dari:

  1. Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan ( SPP )
  2. Yayasan Perguruan Parisada Amlapura.
  3. Bantuan dari Menristek Dikti
  4. Bantuan dari Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI