TENTANG STKIP Agama Hindu Amlapura

Sejarah Singkat STKIP Agama Hindu Amlapura

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura secara historis tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Sekolah Pendidikan Guru Agama Hindu swasta di bawah naungan (PGAHN ) yang ada sejak tahun 1968.  Pada tahun 1968 ada tiga PGAH Negeri di Indonesia yaitu PGAHN Denpasar, PGAH Singaraja, PGAHN Mataram, dan ada 12 buah PGAH swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Kabupaten Karangasem.

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan, dikeluarkanlah UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam UU RI tersebut diisyaratkan bahwa seorang guru Agama harus berpendidikan tinggi minimal setingkat Diploma 2 (D2) untuk guru-guru SD dan Diploma 3 (D3) untuk guru-guru SLTP. Sejak tahun ajaran 1990-1991, PGAH tidak diperkenankan lagi menerima siswa baru karena akan dialihfungsikan menjadi lembaga pendidikan tinggi.

Berdasarkan situasi yang demikian, melalui Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar Yayasan Perguruan Parisada Amlapura pada tahun 1984 mengusulkan, berdirinya lembaga pendidikan Tinggi Hindu yang disebut Akademi Pendidikan Guru Agama Hindu (APGAH), selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Agama Hindu Amlapura, yang disingkat STKIP Agama Hindu Amlapura. Tahun 1986 keluar keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 0814/0/1986 tertanggal 19 November 1986.SK Mendikbud tersebut merupakan dasar hukum eksistensi STKIP Agama Hindu Amlapura Jenjang SI. Oleh karena itu,  sejak tahun 1986 STKIP Agama Hindu Amlapura hanya mengelola jenjang strata 1 (S1) dengan Progran Studi Pendidikan Agama Hindu, dan tahun 2010 menambah lagi satu Prodi yaitu : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu (Kosentrasi Bahasa Bali).

STKIP Agama Hindu Amlapura telah terkareditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1608/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 30 Mei 2017.

Pada tahun 2018 ini, STKIP Agama Hindu Amlapura kembali mengembangkan program studi, yakni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 39 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 9 Mei 2018. Sementara itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 37 Tahun 2018 tentang Izin Operasional Pembukaan Program Studi Strata Satu Pendidikan Bahasa Inggris pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Amlapura tanggal 2 Mei 2018.

Visi STKIP Agama Hindu Amlapura

Unggul Berlandaskan Falsafah asah,asih,asuh.

Misi STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. ASAH, ASIH, ASUH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN YANG INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENANTANG, MENYENANGKAN DAN MEMOTIVASI.
  2. ASAH, ASIH, ASUH DALAM MENGHASILKAN PENELITIAN YANG INOVATIF.
  3. ASAH, ASIH, ASUH DALAM PEYELENGGARAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT YANG BERDAYA GUNA.
  4. ASAH, ASIH, ASUH DALAM PENINGKATAN BUDAYA MUTU INSTITUNSI DAN PROGRAM STUDI.
  5. ASAH, ASIH, ASUH DALAM PENGELOLAAN MANAJEMEN INSTITUNSI DAN PROGRAM STUDI.

Tujuan STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. Untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan karakter mampu bersaing di dunia kerja
  2. Menghasilkan penelitian yang sesuai dengan bidangnya
  3. Menyumbangkan pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan
  4. Meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap prodi
  5. Meningkatkan kepercayaan publik terhadap STKIP
  6. Menciptakan suasana akademik yang kondusif
  7. Menjalin kerjasama dengan stakeholders, pemerintah, antar perguruan tinggi, pihak swasta  baik dalam maupun luar negeri
  8. Tersedianya layanan informasi yang berbasis IT.

Identitas

Identitas STKIP Agama Hindu Amlapura adalah Perguruan Tinggi Swasta yang dipimpin oleh seorang Ketua, yang bertanggung jawab langsung kepada Yayasan Perguruan Parisada Amlapura.

Lambang/Logo STKIP Agama Hindu Amlapura

Lambang STKIP Agarna Hindu Amlapura terdiri atas:

  • Swastika warna kuning melambangkan kebenaran.
  • Lingkaran warna kuning dan latar belakang warna merah pada swastika melambangkan semangat persatuan yang tinggi.
  • Gambar delapan buah daun padma berwama kuning mengelilingi gambar swastika melambangkan delapan penjuru mata angin yang penuh harapan.

Bendera STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. Berbentuk segi empat panjang yang perbandingan panjang dan lebarnya tiga berbanding dua.
  2. Berwama dasar biru muda dihiasi dengan rumbai-rumbai warna kuning melambangkan pengayoman / perlindungan dan kemuliaan.
  3. Di tengah-tengah bendera STKIP Agama Hindu Amlapura terdapat lambang STKIP Agama Hindu Amlapura dan dikelilingi tulisan SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN AGAMA HINDU AMLAPURA berwarna biru.
  4. Latar belakang gambar bukit warna biru dan di atasnya gambar Pulau Bali warna Putih melambangkan kebesaran gunung Agung berada di wilayah pulau Bali.
  5. Dua sayap warna coklat yang masing-masing memiliki bulu lima helai dan diikat oleh rantai warna kuning, melambangkan Pancasila sebagai dasar persatuan untuk mencapai tujuan.
  6. Gambar buku di bawah swastika melambangkan sumber ilmu pengetahuan.

Busana Akademik STKIP Agama Hindu Amlapura

  1. Busana Akademik di lingkungan STKIP Agama Hindu Amlapura terdiri dari toga jabatan dan toga Wisudawan.
  2. Toga jabatan adalah jubah yang dikenakan oleh Ketua, Wakil Ketua, Guru Besar, Anggota Senat STKIP Agama Hindu Amlapura.
  3. Toga jabatan dikenakan pada upacara-upacara akademik, yakni upacara Dies Natalis, Wisuda, pengukuhan Guru Besar dan Promosi Doktor Kehormatan.
  4. Toga jabatan terbuat dari bahan/kain yang berwarna hitam, berukuran besar sampai ke bawah lutut, dengan bentuk lengan panjang lebar ke arah pergelangan tangan dengan dilapisi bahan bludru warna kuning selebar kurang lebih 12 cm. Pada bagian atas lengan sebelah luar dan pada bagian punggung toga terdapat lipatan-lipatan (ploi).
  5. Toga jabatan dilengkapi dengan topi jabatan dan kalung jabatan:
  6. Topi jabatan adalah penutup kepala terbuat dari bahan berwarna hitam, berbentuk segi lima, sisi masing-masing 20 cm, di tengahnya terdapat hiasan kuncir lilitan benang berwarna hijau.
  7. Kalung jabatan Ketua dikenakan dileher berbentuk rangkaian lambang STKIP Agama Hindu Amlapura, terbuat dari logam tipis berwarna kuning emas.
  8. Kalung jabatan Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura dan Wakil Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura terbuat dari bahan yang sama dengan kalung jabatan Ketua.
  9. Kedua ujung pita kalung jabatan dipertemukan dengan lambang STKIP Agama Hindu Amlapura, yang terbuat dari bulatan logam tipis berwarna kuning emas.
  10. Toga wisudawan adalah jubah yang dikenakan pada acara Wisuda oleh para wisudawan yang telah menyelesaikan studi di lingkungan STKIP Agama Hindu Amlapura.
  11. Toga wisudawan terbuat dari kain berwarna hitam,ukuran besar dan panjang sampai ke bawah lutut, lengan panjang dan merata, lipatan (ploi) pada lengan atas dan punggung toga. Tampak bagian belakang toga wisudawan persegi empat.
  12. Kelengkapan toga bagi wisudawan adalah topi wisudawan yang bentuk, ukuran dan warnanya sama dengan topi jabatan. Hiasan kuncir wisudawan disesuaikan dengan jurusan masing-masing, yaitu: jurusan Pendidikan Agama Hindu berwarna orange, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu berwarna biru.

STRUKTUR ORGANISASI STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA

No Nama Jurusan No.SK BAN-PT Awal Akhir Akreditasi Status
1 Akreditasi Lembaga 1608/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017  2017   2022         C File
2 Akreditasi Prodi Agama Hindu 2037/001/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008  2008   2013         B File
3 Akreditasi Prodi Agama Hindu 2037217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013  2013   2018         B File
4 Akreditasi Prodi Agama Hindu 2037/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018  2018   2023         B File
5 Akreditasi Prodi Bahasa Bali 103/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015  2015   2020         C File
6 Akreditasi Prodi Bahasa Bali 628/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2021  2021   2026         B File
Hubungi kami di WhatsApp
1