Tentangmu Covid-19
oleh: Ni Putu Erina Diah Verawati

Virus corona atau nama lain dari covid-19 merupakan virus yang pertama kali berasal dari Kota Wuhan, china. Virus ini merupakan virus alami dari bermutasinya virus yang ada pada hewan kelelawar yang menyerang tubuh manusia. Salain itu, kasus-kasus laporan pertama berada di daerah yang dekat dengan lokasi pasar hewan di daerah yang dekat wuhan. Salah satu yang sedamg ditelusuri adalah kemungkinannya berasal dari ular,kelelawar dan hewan liar lainya, meski tidak menutup kemungkinan penyebaran melalu daging hewan ternak atau hewan laut. Meski diduga berasal dari hewan,coronavirus ini diperkirakan telah melewati serangkaian mutasi pada dirinya sehingga bisa menginfeksi manusia.

Infeksi 2019-nCov ini menyerang organ pernapasan atas maupun bawah,menempel pada lapisan saluran napas mulai hidung,tenggorokan,sampai paru-paru. Dalam beberapa kasus,infeksi dapat tanpa gejala atau flu biasa.
Namum, mengingat masa inkubasi penyakit ini sekitar 2 sampai 14 hari, maka dalam rentang waktu ini kondisi tubuh perlu di cermati. Virus ini dapat di tularkan antar manusia melalui udara dari batuk atau bersin,dan kontak kulit. Gejala infeksi pernapasan akibat coronavirus secara umum adalah demam,sesak susah pernapas,dan diikuti gejala lain seperti nyeri sendi,letih,mual muntah dan penurunan nafsu makan. Dengan demikian pemberian status tersebut memang bukan tanpa alasan. Penyebaran virus ini memang sangat cepat,bukan hanya menyerang warga di negara asalnya,tetapi virus ini juga cepat menyebar keseluruh dunia. Banyak negara telah mencatatkan adanya korban ditempat mereka. Tidak sedikit dari antaranya yang berujung kepada kematian.

Pada dasarnya, infeksi virus bisa dicegah penularanya melalui perilaku hiup bersih dan sehat. Meski mudah menular virus ini juga dapat diantisipasi, WHO merilis langkah-langkah minimal yadng bisa dilakukan bagi, masyarakat umum agar terhindar dari resiko tertular dari penyakit mematikan ini. Oleh karena itu, penanganan virus ini harus dilakukan dengan cepat. Untuk menghadapi sebagai sebuah pandemi, diperlukan kerja keras seluruh negara. Langkah –langkah ini meliputi menjaga kebersihan tangan dan pengolahan makanan yang baik. Sering mencuci tangan berbasis alkohol(untuk tangan yang tidak terlalu kotor) atau mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir(untuk setelah bepergian jauh atau tangan tampak kotor),batuk dan bersin dengan aman yaitu menutup mulut dan hidung saat bersin dengan tisu. Tisu segera dibuang dan tangan segera dicuci,mengurangi kontak langsung dengan orang yang sedang batuk atau pilek,disarankan menggunakan masker.

(Ni Putu Erina Diah Verawati merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu angkatan 2020/2021)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Hubungi kami di WhatsApp
1